• Tentang Kami

     spiritual nusantaraSitus www.SpiritualNusantara.Com ini merupakan salah satu situs yang dikelola langsung oleh Paguyuban Spiritual Nusantara, sebuah komunitas yang mengelola sumber daya manusia, khususnya di bidang metafisika dan spiritual. Di samping itu Paguyuban Spiritual Nusantara (PSN) merupakan tempat berkumpul para praktisi spiritual dari berbagai kalangan di nusantara. Utamanya para praktisi muda, yang mana masih memiliki semangat dan idealisme yang tinggi dalam menjunjung budaya, adat, dan kearifan lokal khususnya di bidang supranatural.

    Dengan dihadirkannya situs ini, menunjukkan kepada masyarakat luas, bahwa keberadaan komunitas yang berkecimpung di bidang spiritual pun tidak melulu berhadapan dengan ritual, tirakat, puasa, atau lelaku. Melainkan memperkenalkan kepada khalayak, bahwa dunia spiritual pun masih layak disandingkan dengan teknologi modern. Bahkan dengan adanya website ini, akan semakin mempermudah memberi pemahaman mengenai berbagai macam hasil olah spiritual, baik berupa benda pusaka, mustika, benda bertuah, dan sarana spiritual lainnya.

    Kendati memperkenalkan berbagai macam media spiritual, Paguyuban Spiritual Nusantara mengajak seluruh masyarakat untuk berpikir terbuka dan tidak salah mengartikan adanya benda bertuah ataupun mustika. Benda bertuah berjenis apapun, pada dasarnya hanyalah alat semata. Layaknya hakikat sebuah “alat”, fungsi utamanya hanyalah untuk mempermudah tercapainya tujuan.

    Ibaratnya, Anda ingin bepergian ke luar kota. Baik dengan berjalan kaki ataupun menggunakan kendaraan (alat transportasi), bisa dipastikan Anda akan sampai ke tempat tujuan Anda. Hanya saja, waktu tempuh keduanya berbeda. Jika berjalan kaki, bisa memakan waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Tetapi dengan menggunakan alat (kendaraan), waktu tempuh bisa lebih cepat. Sama halnya dengan menggunakan alat/media benda bertuah. Tujuan/hajat yang hendak Anda inginkan pun jauh lebih mudah tercapai, sebab energi di dalam benda bertuah turut membantu Anda.

    Manusia Makhluk Spiritual

    Visi dan misi Paguyuban Spiritual Nusantara yang paling utama yaitu memberdayakan sisi spiritualitas setiap orang ke arah yang lebih baik. Sebab pada dasarnya setiap manusia adalah makhluk spiritual. Sebelum lebih lanjut kami menjelaskan bahwa manusia adalah makhluk spiritual. Maka ada baiknya kita samakan persepsi terlebih dahulu mengenai pengertian “spiritual”.

    Jadi spiritual berasal dari kata “spirit” dalam bahasa Inggris kata tersebut berarti “jiwa”, “Semangat”, dan “ruh/rohani”. Makna kata spirit mengacu kepada hal-hal yang tidak terlihat dan tidak bisa dirasakan dengan panca indra secara langsung. Jiwa tidak bisa dilihat, semangat tidak bisa diihat, dan rohani tidak bisa dirasakan panca indra. Walaupun tidak bisa dilihat, namun efeknya bisa dirasakan.

    Itulah sebabnya manusia adalah makhluk spiritual. Manusia membutuhkan jiwa, agar raganya bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Manusia membutuhkan semangat agar hasrat dan nalurinya bisa tercapai. Begitu pula, manusia membutuhkan ruh/ruhani agar jasmani bisa digunakan sebagaimana fungsinya.

    Kegiatan Rutin Paguyuban Spiritual Nusantara

    Fungsi lain berdirinya Paguyubuan Spiritual Nusantara (PSN) yaitu untuk melestarikan budaya dan kearifan spiritual nusantara. Salah satu di antaranya ialah dengan melakukan lelaku dan tirakat secara rutin. Memang di zaman modern ini, melakukan lelaku dan tirakat sebagian besar orang menganggap kebiasaan kuno. Sehingga tidak banyak orang yang masih melakukan hal-hal yang hanya berlaku di zaman nenek moyang tersebut.

    Lelaku dan tirakat yang masih dilestarikan di Paguyuban Spiritual Nusantara, yaitu:

    • Tapa Lelana, yaitu melakukan tirakat dengan melakukan perjalanan ke suatu tempat (biasanya ziarah ke makam waliyullah) ditempuh dengan berjalan kaki. Untuk melakukan tapa lelana ini, biasanya seseorang harus mendapatkan ijazah (izin) terlebih dahulu dari guru atau dari pembimbing.
    • Tirakat Suronan di Pantai Parang Kusumo, Tirakat suronan ini merupakan tirakat yang biasa dilakukan oleh orang Jawa, biasanya tepat pad atanggal 1 Suro (kalender penanggalan Jawa). Sedangkan pantai Parang Kusumo dipilih sebagai tempat tirakat, sebab tempat tersebut merupakan titik energi terkuat di Pulau Jawa, selain Merapi.
    • Tirakat Jumat Pahing di Gunung Tidar, Gunung Tidar merupakan salah satu tempat di tanah Jawa yang disebut-sebut sebagai pusering Tanah Jawa (Titik Tengah Tanah Jawa), titik tengah dalam hal ini adalah titik tengah dari energi yang menyelimuti tanah Jawa. Di Gunung Tidar terdapat makam Syeh Subakir, salah satu tokoh spiritualis yang dikenal sebagai wali yang mampu memberangus makhluk gaib jahat di tanah Jawa.
    • Serta masih banyak kegiatan rutin lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu.

    Dari hasil tirakat dan lelaku tersebut, tak jarang para praktisi di Paguyuban Spiritual Nusantara mendapatkan benda bertuah, mustika, atau bahkan pusaka. Beberapa di antara pusaka-pusaka tersebut sengaja dimaharkan di situs yang dikelola oleh Paguyuban Spiritual Nusantara, tujuannya agar lebih bermanfaat bagi banyak orang.